Minggu, 06 Februari 2011

BUNGA KAMBOJA (ADENIUM)




Apa hubungan bunga Kamboja dengan negara Kamboja?
Kamboja di Indonesia identik dengan pusara, di tahun 60 an lagu “Dibawah Pohon Kamboja”, di era Oslan Husein, Ony Suriono, Bing Selamet, lagu ini sangat populer, kalau tak salah lirik nya antara lain demikian :

Menanti dibawah pohon Kamboja
Datangmu kekasih yang kucinta
Janganlah sekali kali kau melalaikan
Janjimu yang telah kau ucapkan
Bila kasih tak ingat padaku
Petiklah sekuntum kemboja
Disana kelak kita berjumpa
Di Negara Kamboja memang banyak tumbuh bunga Kamboja, dari Bandara Phnom Penh menuju pusat kota, sepanjang jalan berjejer rapi bunga Kamboja, pohon yang batangnya bergetah berbunga puti berkelopak lima ini, ternyata menjadi bunga istimewa di Kamboja. “Bunga Kamboja adalah bunga raja” jelas Fatah kepada kami saat kami agak terheran-heran apakah ada kuburan di tengah kota. Fatah (23 thn) adalah pemandu kami, dia orang Kamboja ayahnya berasal dari Champa keturunan ke 14 di Kamboja, kini menjadi Imam Masjid Besar di Phon Penh Kamboja.
Di Bali banyak tumbuh bunga Kamboja di tengah kota, pohon dan bunga nya mirip dengan bunga Kamboja dari Negara Kamboja. Di Bali sering dicari bunga Kamboja yang berkelopak enam, kabarnya mendatangkan rezeki.
Disebagian besar wilayah Indonesia bunga Kamboja menghiasi kuburan, tetapi di Kamboja menjadi pohon hias di tengah kota, indah tertata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar